3 Hasil Bumi Pemangkas Kolesterol

Kolesterol yang melambung tinggi memang menyebabkan berbagai keluhan dalam tubuh. Bahkan bisa mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah yang berakhir dengan kematian. Akibatnya, kita harus mulai mengonsumsi obat-obatan penurun kolesterol. Padahal, jika jeli, Bumi kita telah menyiapkan beberapa obat alami yang sama ampuhnya dengan obat-obatan kimiawi. Bahkan, hebatnya lagi, ketiga obat alami di bawah ini mampu mengobati kolesterol kita tanpa menimbulkan efek samping.

image
1. Biji rami

Biji rami dan minyak biji rami mengandung asam lemak omega-3 yang berfungsi menjaga hati dan dinding arteri dari kerusakan yang diakibatkan kolesterol tinggi. Para pakar menyarankan untuk mengonsumsi setidaknya 1 sendok teh minyak biji rami atau 1½ sendok makan biji rami setiap harinya untuk mendapatkan efek maksimal.

2. Bawang putih image

Lemak baik HDL bisa membantu kolesterol jahat keluar dari tubuh. Untuk menjaga level HDL tetap tinggi dalam tubuh, bawang putih bisa jadi salah satu solusinya. Beberapa studi membuktikan, rutin mengonsumsi bawang ini bisa menurunkan jumlah total kolesterol.

Konsumsilah setidaknya satu siung atau lebih bawang putih per hari agar kolesterol bisa turun secara signifikan. Namun, hindari konsumsi rempah ini bila kita mengonsumsi obat antikoagulan karena bisa memperbesar kemungkinan kita mengalami pendarahan. Jauhi juga bawang putih apabila sedang menjalani perawatan untuk menurunkan gula darah.
image
3. Teh hijau dan teh hitam

Berterimakasihlah pada flavanoid, komponen alami kedua teh ini yang memiliki efek menjaga jantung. Senyawa flavanoid yang dikonsumsi dengan menyesap 4-5 gelas teh hijau atau hitam setiap harinya bisa menghindarkan penempelan kolesterol di pembuluh darah.

Maksimalkan kandungan flavanoid dalam teh kita dengan cara merendam kantung teh selama 5 menit dalam air panas. Selamat mencoba dan jadilah semakin sehat!

Share by ds